Pentingnya Peran Lansia dalam Kepatuhan Protokol Kesehatan

Pentingnya Peran Lansia dalam Kepatuhan Protokol Kesehatan

Lansia berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan pada generasi muda dalam keluarga. Pendapat itu disampaikan oleh Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Dr. Giwo Rubianto Wiyogo.

“Hasil survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa orang yang lebih tua cenderung mematuhi protokol kesehatan daripada yang lebih muda,” ujar Giwo.

Orang yang lebih tua cenderung memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang pengetatan yang dilakukan pemerintah dibandingkan yang lebih muda. Perempuan lansia cenderung memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang pengetatan yang dilakukan pemerintah dibandingkan pria lansia.

Perempuan lansia juga cenderung memiliki tingkat kepatuhan yang lebih baik terhadap protokol kesehatan (prokes). Bahkan, meskipun kurang memiliki pengetahuan tentang aturan pemerintah, tapi tetap mematuhi prokes.

“Dalam masa pandemi COVID-19, perempuan memiliki peranan penting dalam ketahanan keluarga, termasuk lansia yang biasanya merawat, mendampingi, dan memberikan kasih sayang tanpa batas,” katanya.

Oleh karena itu, lansia memiliki peran penting dalam perubahan perilaku pada masa pandemi, mulai dari memahami cara pencegahan masuknya virus, memperhatikan upaya peningkatan imunitas diri sendiri dan anggota keluarga, mengingatkan keluarga untuk menaati protokol kesehatan, menjaga kebersihan rumah, mengingatkan anggota keluarga untuk mengikuti vaksinasi, hingga selalu menjadi contoh terbaik.

“Sebagai lansia juga perlu menjadi teladan yang baik di rumah. Untuk itu perlu adanya pendekatan yang berbeda terhadap cucu maupun anggota keluarga lain,” tambahnya.

Giwo juga mengajak lansia perempuan untuk menjadi nenek yang cerdas, mulai dari cerdas kodrati, tradisi, sosial, dan profesi. Dokter spesialis anak Nurul Iman Nilam Sari mengatakan pandemi memiliki dampak pada tumbuh kembang anak, mulai dari sakit akibat COVID-19, gangguan nutrisi, akses kesehatan terbatas, perubahan pola belajar mengajar, kehilangan orang tua, hingga kekerasan pada anak.

“Untuk itu orang tua maupun anggota keluarga yang berada di rumah perlu menaruh perhatian serius pada kesehatan anak, mulai dari mengajarkan taat prokes, memberikan nutrisi yang adekuat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak,” kata Nurul.

Orang tua maupun lansia yang ada di rumah juga perlu memberikan perhatian lebih pada anak dengan mengajaknya bermain dan melakukan aktivitas bersama karena pandemi dapat membuat stres, tidak hanya dewasa tetapi juga anak-anak.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Peran Lansia dalam Kepatuhan Protokol Kesehatan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *