Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Simak Syarat-syaratnya

Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Simak Syarat-syaratnya

Mendapat beasiswa hingga ke luar negeri merupakan dambaan bagi hampir seluruh mahasiswa. Salah satu yang bergengsi adalah beasiswa Chevening yang sedang membuka pendaftaran hingga 2 November mendatang.

Mengutip chevening.org, Chevening merupakan program beasiswa internasional yang diadakan oleh pemerintahan Inggris Raya. Program ini memiliki sumber dana dari Kementerian Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan (FCDO), serta organisasi mitra.

Beasiswa Chevening menawarkan pendanaan sepenuhnya (fully funded) bagi program gelar master selama satu tahun. Selain itu, beasiswa ini memberi fasilitas untuk mengakses pendidikan dengan kualitas terbaik di dunia, kesempatan berjejaring, serta kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai budaya di Inggris. Pada penghujung beasiswa, peserta akan mengikuti komunitas yang sudah diikuti oleh lebih dari 50 ribu alumni di seluruh dunia.

Untuk mendaftar beasiswa ini, pelamar harus memenuhi lima persyaratan, yaitu pertama, merupakan seorang warga negara dari negara atau wilayah yang memenuhi syarat Chevening. Kedua, bersedia untuk kembali ke negara asalnya selama minimal dua tahun setelah masa beasiswa berakhir. Ketiga, pelamar sudah menyelesaikan pendidikan sarjana. Hal ini bertujuan untuk bisa masuk dalam pendidikan pascasarjana di universitas wilayah Britania Raya.

Keempat, memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun (atau sama dengan 2.800 jam). Kelima, mendaftar ke tiga program universitas di Britania Raya yang berbeda. Tiga program universitas tersebut harus memenuhi syarat Chevening, dan telah diterima oleh salah satu dari tiga program tersebut tanpa syarat.

Jika sudah memenuhi syarat tersebut, pelamar membuat akun pada laman Chevening, kemudian menyerahkan dokumen pendidikan, surat referensi dari orang terdekat, serta satu tawaran dari universitas di Britania Raya tanpa syarat.

Jika pelamar sudah diterima dengan syarat, maka terdapat dokumen yang harus disiapkan lagi agar proses penerimaan tetap berjalan. Masa waktu pengiriman dokumen terdapat tenggat waktunya, sehingga laman Chevening harus selalu dipantau.

Setelah mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, maka pelamar akan mendapat email mengenai kabar terbaru tentang progres lamaran. Progres beasiswa Chevening ini juga bisa dipantau pada aplikasi online. Setelah dokumen diterima, maka tahap selanjutnya adalah verifikasi surat referensi dan wawancara.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Simak Syarat-syaratnya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *