Menyiapkan Sarapan Secepat Mendengarkan Tiga Lagu

Menyiapkan Sarapan Secepat Mendengarkan Tiga Lagu

Sarapan adalah waktu makan yang penting dan jangan sampai ditinggalkan. Sebab, sarapan adalah sumber energi pertama tubuh hari itu. Kemenkes menganjurkan sarapan setidaknya mencakup karbohidrat kompleks dan mengandung protein. Hal ini bertujuan agar energi bertahan lebih lama dan stabil. Makanan yang termasuk karbohidrat kompleks adalah nasi merah dan roti gandum utuh.

Berbanding terbalik dengan mengkonsumsi karbohidrat sederhana dan mengandung gula yang tinggi, seperti donat dan nasi putih, karena akan memberikan dampak mengantuk kemudian. Selanjutnya, makanan yang mengandung protein, dibagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati.

Kandungan protein hewani dapat ditemukan pada telur ayam dan daging ayam. Serta protein nabati dapat ditemukan dalam kacang-kacangan seperti pada tahu dan tempe. Protein dapat membantu menunda rasa lapar hingga siang hari. Lebih baik lagi, jika sarapan dilengkapi dengan sayuran dan buah-buahan.

Namun, tak jarang warga Indonesia menunda makan hingga siang hari karena tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan. Oleh karena itu, berikut menu-menu masakan yang mudah dibuat dengan hanya membutuhkan waktu 5-10 menit!

Menu sarapan

1. Omelet Sayur dengan Nasi Merah

Berbahan telur dengan isian bawang bombay, wortel, daun bawang, dan jamur. Potong seluruh isian sesuai dengan kebutuhan. Kemudian aduk telur, isian, serta beri garam dan lada secukupnya. Panaskan teflon dan masak omelet. Omelet siap disajikan dengan nasi merah.

2. Toast Beef

Siapkan roti tawar/roti gandum utuh (lebih baik), keju, selada, smoked beef yang sudah dimasak, lada, dan mentega. Masak roti dengan mentega hingga kering. Kemudian susun dengan urutan roti, selada, keju, smoked beef, dan roti.

3. Sandwich

Sarapan berbahan dasar roti tawar atau roti gandum utuh (lebih baik) ini dengan isian telur yang telah dimasak (berupa telur mata sapi atau dadar), selada yang sudah dibersihkan, serta mayonaise sebagai perasa sesuai selera. Kemudian disusun sesuai selera dan siap untuk disantap.

4. Pancake

Menu ini mudah untuk dibuat, apalagi jika sudah memiliki adonan instan. Apabila belum, siapkan tepung, susu, dan garam. Kemudian campur bahan sesuai dengan kebutuhan. Tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur ke dalam teflon yang sebelumnya telah diberi margarin/mentega/butter. Sajikan pancake dengan madu dan topping seperti blueberry dan stroberi.

5. Oatmeal Buah

Bagaimana membuat sarapan oatmeal buah? Siapkan oat, susu/susu almond, madu, dan buah-buahan. Masak oat, susu, dan madu dengan api kecil hingga mengental. Sajikan oat dengan buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan pisang sebagai topping. Sarapan dengan oatmeal buah siap disantap.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Menyiapkan Sarapan Secepat Mendengarkan Tiga Lagu"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *