Ini Cara Mengelola Keuangan untuk yang Bergaji UMP

Ini Cara Mengelola Keuangan untuk yang Bergaji UMP

Sebagian besar orang berpendapat memiliki gaji di bawah atau pas-pasan dengan upah minimum tidak bisa menabung. Jangankan untuk menabung, untuk menenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja harus pintar-pintar mengelolanya.

Orang dengan gaji setara dengan upah minimum provinsi (UMP) harus bijak dalam mengatur pengeluaran uangnya. Apalagi jika memiliki mimpi besar yang membutuhkan dana yang besar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengatur keuangan dengan gaji UMP:

1. Membuat anggaran

Setiap orang, baik yang bergaji tinggi maupun pas-pasan, seharusnya membuat anggaran pengeluaran selama satu bulan, mulai dari biaya makan, komunikasi, hiburan, dan lain sebagainya. Dengan gaji UMP, 50 persennya harus dialokasikan untuk ditabung.

2. Catatan keuangan

Setiap pengeluaran harus dicatat setiap harinya. Hal ini penting agar pengeluaran tetap terkontrol dan menghindari pemborosan.

3. Menambah sumber keuangan

Berjualan secara online dapat menjadi opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika memiliki hobi berpergian jasa titip barang juga bisa dijadikan penghasilan tambahan.

4. Melakukan investasi

Meski gaji pas-pasan dengan UMP, ada baiknya tetap menyisihkan sedikit untuk investasi jangka panjang. Investasi melalui reksadana atau saham dapat menjadi opsi menabung yang bijak. Perlu diingat, sebelum melakukannya, seseorang perlu memastikan tujuannya berinvestasi. Selain itu, perhatikan pula faktor risiko dan keuntungannya.

WINDA OKTAVIA (Magang)

#Jagajarak

#Pakaimasker

#Cucitangan

Presenter Berita Zambia Curhat Gaji Belum Dibayar di Tengah Siaran

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Ini Cara Mengelola Keuangan untuk yang Bergaji UMP"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *