Ini Cara Membuang dan Memusnahkan Masker Secara Benar

Ini Cara Membuang dan Memusnahkan Masker Secara Benar

Saat ini, memakai masker merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Namun, terdapat satu permasalahan yang dihadapi saat ini terkait dengan penggunaan masker, yaitu sampah medis.

Masker medis merupakan jenis masker yang hanya bisa dipakai satu kali dan tidak boleh untuk digunakan berkali-kali. Mengutip laman milik Kementerian Kesehatan, dengan menggunakan masker medis dapat memberikan perlindungan sekitar 30-95 persen dari virus Corona. Selain itu, dalam membuang masker medis tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan suatu permasalahan baru, bahkan bisa menyebarkan virus.

Berikut ini cara membuang masker medis yang benar menurut Kementerian Kesehatan :

1. Robek masker medis dengan cara mengguntingnya pada bagian tali maupun merobek masker di bagian tengahnya. Hal ini diperlukan untuk mencegah masker digunakan kembali oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Masukan masker yang akan dibuang ke kantong kresek transparan dan buang masker ke dalam tempat sampah. Hal ini berguna supaya lebih mudah bagi petugas dalam mengelola limbah medis.

3. Mengumpulkan masker yang sudah dipakai dan lakukan desinfeksi pada masker-masker tersebut. Desinfeksi bisa dilakukan dengan cara merendam masker yang sudah dipakai pada larutan klorin.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Ini Cara Membuang dan Memusnahkan Masker Secara Benar"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *