Enam Aplikasi Alternatif jika WhatsApp Down, Gojek Termasuk

Enam Aplikasi Alternatif jika WhatsApp Down, Gojek Termasuk

Aplikasi WhatsApp bersama media sosial Facebook dan Instagram sempat down pada Senin malam, 4 Oktober 2021. Para pengguna mengalami kesulitan untuk mengirim maupun menerima pesan.

Tidak hanya di Indonesia, gangguan pada aplikasi WhatsApp juga terjadi di seluruh dunia. Gangguan tersebut berlangsung selama kurang lebih 8 jam.

Jika WhatsApp down, berikut merupakan beberapa aplikasi alternatif yang bisa digunakan. Tentunya lawan bicara harus sudah memasangnya di ponsel mereka terlebih dahulu

Jika WhatsApp error tak ada salahnya mencoba aplikasi transportasi daring asal Indonesia, Gojek. Bukan untuk berpergian atau memesan makanan, melainkan memanfaatkan fitur chat yang tersedia.

Telegram merupakan aplikasi pesan singkat yang menjadi pesaing kuat WhatsApp. Melansir Wired, aplikasi ini diluncurkan pada Agustus 2013 dan kini telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna. Pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan enskripsi end-to-end. Salah satu kelebihan Telegram yakni dapat membuat grup dengan maksimal jumlah anggota hingga 200 ribu.

Hampir seluruh fitur WhatsApp dapat ditemukan pula dalam aplikasi Signal. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan teks maupun pesan media seperti gambar, audio, video, dan dokumen. Selain itu, Signal juga menyediakan fitur panggilan suara/video antar pengguna. Aplikasi ini bahkan direkomendasikan oleh para pakar karena tingkat keamanan dan privasinya.

Dikutip dari laman Digital Trends, Line adalah aplikasi yang sangat populer, terutama di Asia. Hingga kini, Line telah memiliki lebih dari 600 juta pengguna. Selain berkirim pesan, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memposting ataupun mengomentari postingan, membeli stiker, mengatur album dan membaginya dengan teman, hingga menonton video YouTube bersama saat dalam panggilan. Jumlah maksimal anggota dalam obrolan grup di Line adalah 500.

Para gamer mungkin sudah familiar dengan aplikasi Discord. Ketika diluncurkan pada tahun 2015, Discord memang ditujukan untuk membuat para gamer tetap terhubung saat bermain bersama. Akan tetapi, kini Discord telah digunakan untuk berbagai tujuan obrolan yang berbeda. Berbeda dari WhatsApp, aplikasi ini tidak menggunakan enskripsi end-to-end.

Aplikasi selanjutnya yang bisa dijadikan alternatif jika WhatsApp down adalah Facebook Messenger. Pengguna aplikasi ini dapat bertukar pesan teks, berbagi file dan lokasi, mengirim uang, hingga memulai percakapan rahasia yang dienkripsi end-to-end. Fitur Messenger Rooms memungkinkan pengguna untuk membuat obrolan grup hingga 50 perserta, meskipun mereka tidak memakai Facebook. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk menonton acara TV, film atau video dengan teman-teman melalui obrolan video. Berhubung Facebook dan WhatsApp berasal dari perusahaan yang sama, potensi keduanya mengalami gangguan secara bersamaan seperti malam tadi tetap ada.

Facebook Dkk Down, Kekayaan Mark Zuckerberg Hilang Rp 84 Triliun

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Enam Aplikasi Alternatif jika WhatsApp Down, Gojek Termasuk"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *