Brokoli dan 6 Makanan Ini Lebih Bermanfaat jika Dimakan Mentah

Brokoli dan 6 Makanan Ini Lebih Bermanfaat jika Dimakan Mentah

Diet makanan mentah atau raw food konsepnya mirip dengan veganisme. Makanan utamanya adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian tumbuh.

Makanan mentah bebas dari minyak, karena tidak dimasak sehingga lebih rendah kalori. Selain itu, memasak makanan tertentu mengurangi kandungan nutrisi dan jumlah antioksidannya.

Dibandingkan dengan dimasak, tujuh makanan ini lebih baik dimakan mentah agar manfaat nutrisinya lebih optimal.

1. Bawang merah

Bawang merah mengandung antioksidan yang baik untuk hati. Bumbu yang banyak dipakai di masakan Indonesia ini juga mengandung senyawa Allicin yang membuat bawang memiliki bau yang khas. Ketika dimakan mentah, Allicin dalam bawang membantu mencegah penyakit jantung, meningkatkan kepadatan tulang dan juga menurunkan tekanan darah.

2. Bit

Bit adalah sayuran kaya zat besi yang paling baik dikonsumsi dalam bentuk salad atau jus. Bit membantu menurunkan tekanan darah dan menambah energi sebelum olahraga.

3. Kecambah

Menurut Anupama Menon, ahli gizi dari India, kecambah yang terbuat dari kacang-kacangan atau polong-polongan memiliki nilai gizinya berkali-kali lipat dalam proses perkecambahan.

“Jika dimakan mentah, seseorang dapat memperoleh manfaat luar biasa dari Vitamin C. Vitamin C tidak tahan panas atau hancur saat terkena panas atau bahkan terlalu banyak cahaya. Vitamin B juga bisa hilang selama memasak. Oleh karena itu, mengkonsumsi kecambah mentah (yang kaya akan beberapa vitamin b dan c) adalah pilihan yang baik,” kata dia.

4. Tomat

Tomat lebih baik bila dimakan mentah. Buah ini sarat dengan antioksidan, yang mungkin berkurang setelah dimasak.

5. Bawang putih

Bawang putih mentah memiliki manfaat obat. Jika dikonsumsi dua kali atau lebih dalam seminggu, maka akan mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. Bawang putih mentah berfungsi sebagai anti-inflamasi, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengontrol tekanan darah.

6. Kacang

Kacang-kacangan, baik almond, kenari, hingga kacang mete dan pistachio, rasanya enak sekaligus sehat. Namun, memanggang atau menggorengnya dapat mengurangi kandungan antioksidan dan vitaminnya karena terekspos panas. Oleh karena itu, kacang paling baik dikonsumsi mentah.

7. Brokoli

Brokoli sarat dengan antioksidan, vitamin C, kalsium, kalium, dan protein. Sayuran berwarna hijau tua ini juga mengandung sulforaphane, senyawa yang membantu melawan sel kanker. Agar kandungan nutrisi makanan tidak berkurang, sayuran ini paling baik dimakan mentah. Kalaupun dimasak, tumis brokoli dengan ringan selama satu atau dua menit, jangan terlalu lama, atau rebus dengan air garam dalam waktu singkat sebelum dikonsumsi.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Brokoli dan 6 Makanan Ini Lebih Bermanfaat jika Dimakan Mentah"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *