Bale Nglaras di KM 487 Boyolali: Rest Area Baru di Jalan Tol Semarang – Solo

Bale Nglaras di KM 487 Boyolali: Rest Area Baru di Jalan Tol Semarang – Solo

Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian dari sistem jaringan dan sebagai jalan nasional yang dalam penggunaannya diwajibkan membayar sejumlah uang. Dengan adanya jalan tol atau jalur bebas hambatan, pengguna kendaraan roda empat dan selebihnya mampu menghemat waktu perjalanan mereka dengan sangat signifikan dan nyaman.

Kenyamanan berkendara di jalan tol ini dibuktikan dengan adanya rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan yang biasa disebut TIP. Dilansir dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2018 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol, TIP adalah sebuah tempat istirahat di tengah jalan tol yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum sehingga baik pengemudi, penumpang, bahkan hingga kendaraan yang digunakan dapat beristirahat sementara sebelum melanjutkan perjalanan.

Pada jalur tol Semarang – Solo misalnya, terdapat 3 rest area yang dapat digunakan oleh pengguna jalan tol, yaitu di KM 429 A di Semarang, KM 456 A, dan yang terbaru adalah KM 487 A.

Rest area KM 429 terletak Ungaran, Semarang. Karena letaknya yang di Ungaran, maka ketika Anda singgah di rest area ini akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Ungaran yang gagah. Di sini juga terdapat pujasera dengan beragam pilihan makanan dan minuman serta oleh-oleh khas Jawa Tengah. Tidak ketinggalan, di rest area ini juga terdapat SPBU sehingga kendaraan Anda dapat mengisi bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanan. Bagi Anda yang muslim, rest area ini menyediakan Masjid yang cukup luas dan arsitektur kubah yang memanjakan mata. Jika Anda merasa ngantuk, ada gerai kopi yang mampu menyegarkan.

Rest area KM 456 atau biasa disebut Resta Pendopo terletak di Salatiga. Yang iconic dari rest area ini adalah Sky Bridge dan Sky Deck dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang menawan. Selain itu, rest area ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, toilet wanita, pria, dan difabel, kios UMKM, serta masjid dan musala.

Selain kedua rest area tersebut terdapat rest area baru di Jalan Tol Semarang-Solo, yakni rest area KM 487 di Boyolali yang biasa disebut dengan Bale Nglaras. Dilansir dari laman transmargajateng.co.id, rest area ini menyediakan penunjang fasilitas umum seperti parkir, toilet, musala, masjid, ruang laktasi, hingga food corner untuk mengisi perut.

Meski rest area Bale Nglaras tidak terlalu besar, tetapi lokasinya di Boyolali yang terkenal dengan kesejukan udaranya mampu menyegarkan pengguna jalan tol Semarang – Solo yang penat di perjalanan. Icon Sapi yang terdapat di rest area ini juga dapat menghibur buah hati yang rewel saat diperjalanan.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "Bale Nglaras di KM 487 Boyolali: Rest Area Baru di Jalan Tol Semarang – Solo"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *