7 Tips Marinasi dan Menyimpan Daging Panggang Agar Kaya Rasa

7 Tips Marinasi dan Menyimpan Daging Panggang Agar Kaya Rasa

Usai Idul Adha sebagian dari Anda tentu memiliki sisa daging kurban untuk diolah menjadi hidangan istimewa. Sebelum Anda mengolahnya, penting untuk mengetahui tips muda untuk marinasi dan mengemas daging Anda dengan rasa.

“Bumbunya terbuat dari cairan dan rempah-rempah dengan nilai asam yang menambahkan rasa gurih pada daging yang Anda panggang,” kata Frank Balsamo, seorang pitmaster pemenang penghargaan yang tinggal di Enfield, Connecticut, seperti dilansir dari laman Delish. “Marinasi membantu melunakkan daging yang Anda panggang dan memberi Anda lapisan rasa yang berbeda. Tergantung pada rempah-rempah yang Anda tambahkan, itu adalah tambahan rasa yang kadang-kadang Anda butuhkan.”

Beirkut ini tips marinasi daging dengan bumbu

1. Kuasai dasar-dasar marinasi

Memahami dasar-dasar bumbu yang baik dimulai dengan mempelajari tiga elemen dasar. Bumbunya harus mengandung asam (pikirkan cuka atau jeruk) untuk membantu menanamkan rasa dan melunakkan daging; lemak (seperti minyak zaitun) untuk menjaga daging tetap lembap dan mengikat bahan bersama-sama; dan bumbu untuk menambah rasa tersebut.

“Terlepas dari profil rasa yang Anda pilih, ingatlah bahwa rasanya ada dalam kualitas bahan Anda,” kata Nicole Schumacher, kepala pemasaran PRE Brands, yang menjual produk daging sapi yang diberi makan rumput dalam kemasan. “Cari tahu dari mana daging sapi Anda berasal dan bagaimana daging itu diproduksi. Apakah 100 persen diberi makan rumput? Apakah hewan di padang rumput sepanjang tahun? Pastikan bahan, bumbu, dan campuran bumbu lainnya Anda memiliki kualitas tinggi yang sama dengan daging sapi Anda. ”

2. Tapi jangan ragu untuk bereksperimen

Setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, biarkan lidah Anda memandu Anda. Coba tambahkan yogurt atau buttermilk sebagai lemak untuk daging yang benar-benar empuk. Masak anggur, biarkan dingin, lalu tambahkan ke rendaman Anda untuk menambah cita rasa klasik. Tingkatkan bumbunya, cobalah rendaman sriracha, atau, untuk rasa yang lebih pekat, kurangi rendaman Anda di atas kompor dan biarkan dingin sebelum mengoleskannya ke daging Anda.

3. Campur bumbu marinasi dengan daging

Bumbu yang tepat akan membuat daging Anda berkilau. “Saat marinasi potongan yang lebih berlemak, seperti ribeye atau strip New York, pilihlah bumbu sederhana yang akan membantu lemak berair dari steak, seperti rasa jahe sederhana,” kata Schumacher. Ingatlah bahwa bumbu marinasi manis bisa menjadi pahit jika direbus terlalu lama dan bumbu marinasi asam akan menjadi lebih asam saat dimasak.

Untuk potongan daging tanpa lemak, “Bumbunya akan mengimbangi kekurangan lemak dan memberi Anda rasa yang enak untuk diolah,” tambahnya. “Kami merekomendasikan menambahkan rasa yang lebih kompleks, seperti pir wijen (minyak wijen, bunga matahari, irisan pir, bawang merah, dan bawang putih) ke potongan daging tanpa lemak, seperti sirloin atas atau sirloin mungil.”

Daging lain seperti bahu babi atau paha ayam akan bekerja dengan baik dengan rasa yang kompleks atau bahkan bumbu kering.

4. Temukan keseimbangan rasa

Sebelum mengoleskan bumbu perendam ke daging Anda, pastikan rasanya berada di tempat yang diinginkan. “Saya selalu memberi tahu murid-murid saya untuk mencicipi makanan Anda, dan ini juga berlaku untuk barang-barang seperti bumbu-bumbu. Tetapi ingat bahwa itu tidak dimaksudkan untuk dimakan sendiri — bumbunya harus sedikit dibumbui,” kata Frank Proto, Direktur Operasi Kuliner di Institute of Culinary Education.

Namun, jika asam dari bumbunya terlalu kuat saat Anda mencicipinya, Proto menyarankan untuk menambahkan sesuatu yang manis atau asin—sejumput sekaligus, cicipi di antaranya, untuk menemukan rasio yang sempurna. Jika bumbunya terlalu asin, tambahkan sesuatu yang manis, seperti madu, sirup maple, atau gula merah atau putih. “Untuk meningkatkan keasaman, cobalah jus lemon, air jeruk nipis atau cuka; dan untuk rasa asin, main-main dengan bahan seperti garam, kecap, atau kecap ikan,” kata Proto.

5. Siapkan wadah penyimpanan

Setelah rendaman Anda siap, Anda akan membutuhkan tempat yang cocok untuk daging mentah Anda sambil menyerap semua rasa lezat itu—dan bukan sembarang wadah. Hindari wadah pendek atau nampan datar yang menghalangi cairan untuk benar-benar melapisi daging dan bahan (seperti logam) yang dapat mengubah rasa bumbu yang lebih asam. Sebagai gantinya, gunakan wadah silikon makanan yang dapat digunakan kembali atau wadah keramik atau kaca yang cukup dangkal untuk rendaman untuk menutupi seluruh daging dan (bonus) ramah lingkungan. Ingatlah untuk marinasi daging Anda di lemari es untuk menghindari risiko penyakit bawaan makanan.

6. Dan biarkan bumbu meresap, tapi jangan terlalu lama

“Jika Anda membiarkan daging dalam rendaman terlalu lama atau memiliki rasa yang sangat kuat dalam rendaman (seperti cuka), rendaman mungkin mengalahkan rasa daging,” kata Proto.

Untuk potongan daging babi, potongan ayam atau daging putih lainnya, Anda harus marinasi di lemari es selama 30 menit hingga 2 jam. Untuk steak, waktu marinasi tergantung pada potongannya—potongan yang lebih keras, dapat dimarinasi selama sekitar 3 hingga 4 jam, sementara potongan yang lebih empuk, seperti sirloin, harus direndam tidak lebih dari 30 menit.

“Waktu bervariasi menurut selera orang, tetapi tidak boleh lebih dari 24 jam karena bumbunya akan mengambil alih rasa daging yang sebenarnya dan menurut saya terlalu kuat,” kata Balsamo. “Secara pribadi, saya tidak mengasinkan apa pun di bawah 30 menit atau lebih dari 8 jam.” Ingatlah untuk membalik wadah atau mengaduk rendaman setidaknya sekali, sekitar setengah dari fase istirahat, untuk benar-benar memastikan rendaman benar-benar merendam daging.

7. Bersihkan bumbu marinasi Anda

Jangan menaruh daging Anda di atas panggangan dulu. Langkah terakhir sebelum memasak adalah langkah penting yang dilupakan kebanyakan orang: bersihkan daging Anda untuk dipanggang.

“Jika ada banyak minyak di marinasi saat bumbunya menetes ke panggangan, api akan menyala,” kata Proto. Alasan lain untuk menyikat rendaman sebelum memanggang adalah, jika Anda memiliki potongan kecil bawang merah dan bawang putih di dalam rendaman, mereka akan terbakar sebelum daging matang sepenuhnya.”

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "7 Tips Marinasi dan Menyimpan Daging Panggang Agar Kaya Rasa"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *