7 Penyebab Kulit Gatal dari Reaksi Alergi hingga Infeksi Jamur

7 Penyebab Kulit Gatal dari Reaksi Alergi hingga Infeksi Jamur

Kulit gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari udara musim dingin yang dingin dan kering hingga alergen di musim semi dan musim panas. Sementara penyebab kulit gatal bisa menjadi rasa sakit yang nyata untuk dialami dan ditangani, Anda dapat menemukan perawatan yang tepat.

Dokter kulit, Rajani Katta merinci tujuh penyebab umum kulit gatal sepanjang waktu, cara mengobatinya, dan kapan Anda harus mencari saran dari dokter.

1. Kulit Kering

Kulit kering adalah penyebab yang sangat umum dari kulit gatal, yang biasanya dialami orang dewasa yang lebih tua. “Kasus yang lebih ringan mungkin hanya memiliki pengelupasan kulit, tetapi seiring perkembangannya Anda mungkin benar-benar mengembangkan retakan kecil di permukaan kulit,” kata Dr. Katta.

Kunci untuk merawat dan mencegah kulit kering adalah dengan membatasi kehilangan air dari kulit. Anda dapat melakukannya dengan tetap menggunakan mandi air hangat yang lebih pendek. “Salah satu strategi yang sangat membantu adalah keluar dari kamar mandi, handuk sebagian, dan kemudian mengoleskan krim pelembab tebal ke kulit lembab untuk membantu mengunci kelembapan,” katanya, seperti dilansir dari laman Women’s Health.

2. Gigitan Serangga

Banyak gigitan serangga yang berbeda dapat memicu reaksi kulit yang sangat gatal, kata Dr. Katta. Sebagian besar waktu, Anda akan melihat benjolan merah, seperti gigitan nyamuk. Meskipun mungkin terasa gatal dan mengganggu, ini akan memudar dengan sendirinya. “Tetapi untuk benjolan yang sangat gatal, kami sering merekomendasikan salep hidrokortison yang dijual bebas hingga satu minggu untuk membantu menenangkan reaksinya,” katanya.

3. Eksim

Eksim, juga dikenal sebagai dermatitis, mengacu pada peradangan kulit, kata Dr. Katta. Kadang-kadang bisa menjadi kondisi turun-temurun, tetapi juga bisa berkembang pada usia berapa pun. Dengan eksim, Anda mungkin mengalami bercak merah, gatal, dan tidak jelas di berbagai area tubuh.

Salah satu jenis eksim disebut dermatitis atopik, yang biasanya muncul di lengan dan kaki, terutama di lipatan lengan dan di belakang lutut. “Pengobatan seringkali membutuhkan salep obat resep dan berfokus pada penguatan penghalang kulit dengan menggunakan krim pelembab, dan kemudian mengobati peradangan kulit,” kata Dr. Katta.

4. Dermatitis Kontak Alergi

Dermatitis kontak alergi adalah jenis reaksi alergi kulit yang dapat disebabkan oleh sejumlah zat yang berbeda. Salah satu contohnya adalah respons ruam terhadap poison ivy, tanaman khas Amerika Utara, yang biasanya berkembang dua hingga tiga hari setelah kontak dengan tanaman.

“Dermatitis kontak alergi dapat dipicu oleh bahan yang berbeda dalam produk perawatan kulit, oleh logam seperti perhiasan, bahan kimia karet, dan oleh banyak zat lainnya,” katanya. “Ruam biasanya muncul di area kontak dengan zat tersebut, jadi ini terkadang dapat membuat pola yang tidak biasa, seperti cabang poison ivy yang menyebabkan ruam linier.” Kasus ringan dapat diobati dengan salep hidrokortison yang dijual bebas, tetapi dalam kasus yang menyebar hingga melibatkan permukaan tubuh yang lebih besar, atau yang melibatkan wajah, Dr. Katta merekomendasikan untuk menemui dokter kulit.

5. Ketombe

Banyak orang yang akrab dengan ruam merah, gatal, mengelupas di kulit kepala yang menandakan ketombe. “Meskipun kulit mungkin tampak kering, ini sebenarnya adalah kondisi di mana ada peradangan pada kulit kepala, dan ini dikenal sebagai dermatitis seboroik,” kata Dr. Katta. “Sementara beberapa orang hanya mengalami pengelupasan ringan, yang lain mengalami serpihan putih yang sangat tebal.”

Perawatan paling umum untuk ketombe adalah sampo yang dijual bebas, yang dapat mengandung bahan aktif yang berbeda, seperti asam salisilat, selenium sulfida, zinc pyrithione, dan ketoconazole. Biarkan sampo selama sekitar lima hingga 10 menit sebelum membilasnya, yang membantu bahan aktif bekerja, kata Dr. Katta. “Jika [sampo] ini tidak membantu, maka temui dokter kulit, karena beberapa orang memerlukan produk resep yang lebih kuat,” katanya.

6. Kandidiasis Kulit (Infeksi Jamur pada Kulit)

Ternyata infeksi jamur bukan hanya masalah di bawah sana. Infeksi jamur pada kulit juga dikenal sebagai kandidiasis kulit, dan dapat menyebabkan ruam gatal merah di area seperti lipatan kulit yang memerangkap keringat, kata Dr. Katta. Dengan jenis infeksi ini, Anda akan sering mengalami ruam merah dengan benjolan merah kecil di tepinya, mungkin di daerah ketiak, di selangkangan, atau di bawah payudara.

“Menjaga kulit tetap kering dapat membantu, tetapi perawatan memerlukan krim obat anti-jamur,” kata Dr. Katta. “Jika ruam tidak merespons krim yang dijual bebas, penting untuk menemui dokter kulit Anda, karena obat resep mungkin diperlukan.”

7. Athlete’s foot

Athelete’s foot adalah nama umum untuk tinea pedis, infeksi jamur yang dapat terjadi di antara jari-jari kaki atau di samping atau bawah kaki, kata Dr. Katta. Di antara jari-jari kaki, dapat menyebabkan kulit merah dan kasar, sementara di sisi dan bawah kaki dapat menyebabkan pengelupasan kulit, atau bahkan lecet dalam beberapa kasus.

“Krim antijamur yang dijual bebas dapat membantu, dan penting untuk menjaga kaki tetap kering, seperti dengan sering mengganti kaus kaki yang berkeringat,” kata Dr. Katta. Jika kaki atlet tidak hilang dengan krim yang dijual bebas, maka dokter kulit Anda dapat merekomendasikan krim resep atau obat oral, tambahnya.

Jika gejala dan gatal Anda semakin parah atau tidak merespon pengobatan, hubungi dokter kulit Anda secepatnya. Ada kemungkinan bahwa sumber rasa gatal tidak seperti yang Anda pikirkan, sehingga dokter kulit dapat memastikan diagnosis dan meresepkan obat dan perawatan yang lebih kuat jika perlu.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab Kulit Gatal dari Reaksi Alergi hingga Infeksi Jamur"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *