3 Tahapan Dasar Self Healing untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

3 Tahapan Dasar Self Healing untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental umumnya bermula dari segala sesuatu yang tidak sesuai harapan. Kondisi ini terkadang membuat orang terpuruk, merasa gagal, depresi, dan berimbas pada kehidupan sehari-hari.

Contoh satu peristiwa yang menjadi perbincangan publik adalah saat pesenam Amerika Serikat Simone Biles memutuskan mundur dari final Olimpiade Tokyo 2021. Perempuan 24 tahun itu tak melanjutkan pertandingan bukan karena cedera. Peraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016, ini ingin fokus memulihkan kesehatan mentalnya.

Biles adalah satu dari ratusan korban pelecehan dokter senam Amerika Serikat, Larry Nassar. Biles masih sulit menghadapi bagaimana dia berlatih setiap hari di tempat di mana kekerasan seksual itu terjadi. Dia juga harus bertemu banyak orang yang sudah tahu tentang kasus tersebut.

Gejala depresi yang terjadi kepada Simon Biles antara lain tegang saat olahraga di pagi hari, hingga tubuhnya gemetar menjelang laga di Olimpiade Tokyo 2021. Padahal di kompetisi sebelumnya, perempuan berjuluk Ratu Senam ini tak pernah mengalami hal itu. “Saya berusaha menenangkan diri, mencari cara untuk senang, melakukan pemanasan. Saat itu memang terasa lebih baik, namun begitu tampil, semua buyar,” katanya.

Dalam penampilan terakhir di Olimpiade Tokyo 2021, Biles menutup gerakannya dengan pendaratan yang tak seperti biasanya. “Untung tidak ada cedera. Itu sebabnya saya mundur karena tak ingin ada kejadian konyol,” kata Biles yang secara tak langsung mengakui dia kurang fokus saat melakukan gerakan itu.

Masalah kesehatan mental memang tak bisa dianggap remeh. Kita harus mengidentifikasi sejak awal dan melakukan sesuatu agar dampaknya tidak merembet ke mana-mana. Ketika mendeteksi ada persoalan, segera lakukan tiga tahap ini untuk menjaga kesehatan mental.

Oktaviana IzdiharaHal-hal yang indah kadang hanya bisa dilihat dari kegelapan. Seperti kembang api, jika kita menyalakan di siang hari, maka sama saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

Posting Komentar untuk "3 Tahapan Dasar Self Healing untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Mental"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *